CIREBON– Pemkab Cirebon secara simbolis menerima bantuan disinfektan dari Cirebon Power, Senin (20/4). Bantuan itu, nantinya akan digunakan untuk melakukan penyemprotan masal di sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon Drs H Imron MAg kepada Radar Cirebon mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan bantuan tersebut. Terlebih, saat ini banyak wilayah di Kabupaten Cirebon yang memang membutuhkan disinfektan untuk mencegah potensi penyebaran virus corona.  

“Kami ucapkan terima kasih kepada Cirebon Power. Tentu dengan bantuan ini, sangat membantu sekali. Artinya, kalau ada cairannya nanti kita tinggal siapkan alatnya saja untuk penyemprotan,” ujarnya.

Bantuan disinfektan tersebut, menurut Imron, akan langsung didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan. Di antaranya prioritas pendistribusiannya akan dilakukan di 10 wilayah atau kecamatan dengan angka pemudik tertinggi di Kabupaten Cirebon. “Langsung didistribusikan, agar bisa langsung dirasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Operation Manager PT Cirebon Power Services (O&M PLTU Cirebon 660 MW) Farid Hentihu menuturkan, pihaknya siap mendistribusikan sebanyak 8.000-10.000 liter setiap tiga hari. Disinfektan yang diberikan berupa cairan sodium hypochlorite (NaOCl) yang masih berbentuk bahan baku, sehingga perlu dicampur dengan air sebanyak 3 kali lipat volume asal.

"Jika 8.000 liter, nanti bisa dijadikan sekitar 30 ribu liter disinfektan," ujar Farid.

Dia memastikan, disinfektan yang diberikan untuk Pemkab Cirebon, sangat efektif untuk membasmi virus dan bakteri. Walaupun begitu, dia mengingatkan, disinfektan ini, tidak boleh digunakan untuk manusia dan benda hidup lainnya.

"Hanya direkomendasikan untuk benda mati saja," katanya.

Source : https://www.radarcirebon.com/2020/04/21/cirebon-power-bantu-pasok-disinfektan/